Jurnal Difabel 3: Problem dan Tantangan Pendidikan Inklusi di Indonesia
Sejauh ini, Indonesia telah mengadopsi bahkan meratifikasi beberapa ketentuan tentang difabel. Sebagai bagian dari pemenuhan hak asasi, Indonesia juga telah memberikan ruang untuk dibentuknya peraturan sebagaian turunan dari ratifikasi tersebut. Hanya saja, persoalan klasik yang terjadi antara sisi peraturan dan pelaksanaannya di lapangan, ternyata masih kerap muncul. Kebutuhan-kebutuhan difabel dalam rangka kesetaraan perlakuan dirasakan masih kurang. Menghargai niat baik pemerintah untuk melaksanakan hal ini, tentu saja menjadi sebuah hal yang tidak bisa ditawar. Hanya saja selalu situai ini harus selalu dibarengi dengan mekanisme check and balances, sehingga pemerintah tetap on the track pada saat memenuhi kewajibannya.
Salah satu isu difabel yang sangat penting adalah pendidikan. Suka atau tidak suka, masalah pendidikan bagi difabel haruslah dijadikan tolok ukur dan prioritas. Pendidikan dianggap sebagai peletak dasar kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan. Indikator kesetaraan dan pemenuhan hak asasi akan tercapai, salah satunya adalah menggunakan ukuran: apabila kepentingan difabel dalam bidang pendidikan ini bisa terpenuhi.Bisa dimulai dari persoalan paradigma, perspektif dan perlakuan, sampai dengan segi aksesibilitas yang memadai.
Negara-- dalam hal ini pemerintah -- belum mampu mengakomodasi kepentingan difabel. Dunia pendidikan dan difabel selalu layak untuk dijadikan topik pembicaraan, didiskusikan dan dicermati.
Yang berminat silahkan hubungi kontak person:
Telp: 0813-2622-5065
email: [email protected]
Halaman : xii - 127
Ukuran : 16 x 24 cm
Cover : Softcover
ISBN : 9-772460-603008
Edisi: 3 - 2017
Harga : Rp 75.000,-
Belum termasuk ongkos kirim,
SIGAB memakai paket JNE
Kategori Buku: