Panduan Setting e-mail SIGAB di microsoft outlook
Posting ini adalah panduan setting e-mail SIGAB dengan menggunakan Microsoft outlook. Disarankan agar staff menggunakan Microsoft outlook pada Pc maupun laptop untuk mengakses semua official e-mail SIGAB. Disamping e-mail dapat diakses secara offline, kelebihan lain dengan menggunakan Microsoft outlook atau mail client lainnya adalah tersedia fitur kalender, task dan to-do list yang dapat menyimpan agenda pertemuan maupun tugas-tugas lain yang menjadikan kita lebih terorganisir. Ok, di bawah ini adalah panduannya.
1. Buka microsoft outlook melalui start menu, all program, microsoft office sub menu, lalu klik microsoft outlook.
2. Klik “next” pada welcome screen microsoft outlook.
3. Akan muncul pertanyaan “would you like to configure e-mail account?”, lalu centang pada “yes” dan klik “next”.
4. Pada dialog selanjutnya, pilih “manualy configure server setting or additional server type”, lalu klik next.
5. Pada dialog berikutnya pilih “intrnet e-mail” lalu pilih next.
6. Berturut-turut, lakukan konfigurasi sebagai berikut:
a. Masukkan nama lengkap pada kotak “your name”.
b. Masukkan alamat e–mail secara lengkap pada kotak e-mail address.
c. Pada bagian account type, pilih imap.
d. Masukkan kode “imap.gmail.com” pada kotak incoming mail.
e. Masukkan “smtp.gmail.com” pada bagian outgoing mail.
f. Pada kolom username, masukkan "[email protected]”, lalu masukkan juga password anda pada kotak password, lalu klik more setting.
g. Pada general tab, masukkan berturut-turut nama e-mail seperti email kerja atau pribadi dan sebagainya, serta nama organisasi (jika ada)
h. Pada advance tab, lakukan konfigurasi sebagai berikut:
1. Masukkan angka 993 pada incoming mail server, lalu pilih ssl pada tipe enkripsi.
2. Masukkan angka 465 pada outgoing server, lalu pilih tls pada pilihan tipe enkripsi.
ii. Pada outgoing server tab, centang pada bagian “require authentication”. Jika semua sudah ok, tekan ok.
7. Selanjutnya klik “next” pada dialog berikutnya, maka Microsoft outlook akan melakukan testing konfigurasi yang sudah dilakukan. Tunggu beberapa saat dan konfirmasikan password jika diminta.
8. Setelah testing berstatus completed klik “close”, lalu klik “finish” setelah ada dialog congratulation.
9. Untuk mengakses e-mail anda selanjutnya maka cukup buka Microsoft outlook pada computer anda.